ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MENANTI


 

Undang-undang no. 20 tahun 2003 melalui pasal  5 ayat (1) dengan jelas  mengaskan bahwa ” Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu” . Selanjutnya pasal 6 ayat (1)  memberikan kewajiban   bahwa ” Setiap warga negara yang berusia tujuh sampai dengan lima belas tahun wajib mengikuti pendidikan dasar “.

Meyakinkan memang, tetapi alangkah disayangkan, kondisi pelayanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus ( anak cacat ) belum seperti yang diharapkan.  Keberadaan  anak  berkebutuhan khusus tersebar di seluruh pelosok wilayah,  sementara pendidikan khusus yang diperuntukan bagi mereka ( untuk sementara)  masih terbatas jumlahnya. Belum merata  dan sangat terbatas adanya. Inilah kenyataan  yang ada.

Atas dasar kondisi ini Pemerintah mengambil kebijakan dengan merintis sekolah Inklusif yakni  menugaskan beberapa sekolah umum agar mau menerima  anak berkebutuhan khusus menjadi siswanya.

Alhasil, keluhan di lapangan juga cukup variatif, pro dan kontra saling bermunculan.

Kalau hanya mengejar perluasan akses pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus  program inklusif  sangat bijak.  Akan tetapi bila tuntutan kita pada  kualitas pelayanan maka program inklusif masih harus mendapat pembinaan yang lebih mantap.

Penulis hanya  berharap,  semua pihak berkenan memahami kebutuhan  pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) sangat  mutlak adanya.  Sementara kemampuan kita sebagai pelaksana masih sangat terbatas.

Oleh karena itu berdasar Peraturan Pemerintah No. 38 tahun 2007   dan PP No 17 Tahun 2010 Jo.PP No.66 Tahun 2010 perlu tindakan nyata  dari  Pemerintah, khususnya Pemerintah Propinsi dan Pemerintah Kabupaten   sehingga jarak ketertinggalan pelayanan pendidikan  bagi ABK dapat dipersempit.

Sekian terima kasih.

Oleh: Yuswan S.Pd
SMALB N Cilacap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s