MEMAHAMI SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI INDONESIA


Rate This
mendikbud M NUH

Sistem Pendidikan Nasional diatur dalam UU No. 20 Tahun 2003 pada hakekatnya suatu sistem pelaksanaan pendidikan yang bersifat komprehensif dengan satu target yakni membentuk Insan Indonesia sesuai kebutuhan bangsa Indonesia. Mengingat kompleksnya permasalahan dalam pelaksanaan lebih lanjut  ditetapkanlah Standar Nasional Pendidikan dengan PP No. 19 Tahun 2005.

Konsep kegiatan “Peningkatan mutu dan daya saing sumberdaya manusia Indonesia hasil pendidikan telah menjadi komitmen nasional”.Salah satu upaya dimaksud adalah tekad menata kembali kurikulum yang ada sebagaimana  tertuang dalam  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2010 – 2014.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2010 – 2014 : ”menyebutkan bahwa salah satu substansi inti program aksi bidang pendidikan adalah penataan ulang kurikulum sekolah sehingga dapat mendorong penciptaan hasil didik yang mampu menjawab kebutuhan sumberdaya manusia untuk mendukung pertumbuhan nasional dan daerah”. Dengan demikian pemantapan Standar Nasional Pendidikan dan pengaturan kurikulum secara utuh sangat penting dan mendesak dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Oleh karena itu Standar Nasional Pendidikan, yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan perlu diselaraskan dengan kondisi sekarang. Dinamika perkembangan masyarakat, lokal, nasional, dan global guna mewujudkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional adalah situasi yang menjadi dasar penyelerasan. Bentuknya adalah penyempurnaan terhadap Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian; yang bersama-sama membangun kurikulum pendidikan.

Penyempurnaan dimaksud dituangkan dalam bentuk Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2013  TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 19 TAHUN 2005 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN.

Guna menciptakan kesepahaman pembaca yang budiman, adalah sangat bijaksana manakala berkenan memahami UU No. 20 Tahun 2003; PP No. 19 Tahun 2005 dan PP No. 32 Tahun 2013 sebagai satu kesatuan. Hal ini karena ada keterkaitan diantara peraturan dimaksud.

Sebagai tambahan  bahan kajian dalam pengambilan keputusan  silakan buka atau mengunduh  :

UU No. 20 Tahun 2003 KLIK :

UU NO. 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL

PP No. 19 Tahun 2005  KLIK:

PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

PP No. 32 Tahun 2013   KLIK :

PP NO.32 TAHUN-2013 TT PERUBAHAN ATAS PP NO. 19 TAHUN 1995

2 thoughts on “MEMAHAMI SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s