Nilai-nilai dalam Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa


 sumber gambar : pramuka-online-netima.blogspot.com

Editor : Yuswan

              Nilai-nilai  yang  dikembangkan  dalam  pendidikan  budaya  dan  karakter  bangsa diidentifikasi dari sumber-sumber  berikut ini.

1.      Agama: 

Masyarakat  Indonesia  adalah  masyarakat  beragama sehingga kehidupan  individu, masyarakat,  dan  bangsa  selalu  didasari  pada  ajaran  agama dan  kepercayaannya.  Secara  politis,  kehidupan  kenegaraan  pun  didasari  pada nilai-nilai yang berasal dari agama.

Atas dasar pertimbangan  itu, maka nilai-nilai pendidikan  budaya  dan  karakter  bangsa  harus  didasarkan  pada  nilai-nilai  dan kaidah yang berasal dari agama.

2.      Pancasila: 

NKRI ditegakkan  atas  prinsip-prinsip kehidupan kebangsaan dan kenegaraan yang disebut Pancasila. Pancasila terdapat pada Pembukaan UUD 1945 dan dijabarkan  dalam pasal-pasal UUD 1945. Artinya, nilai-nilai yang  terkandung dalam Pancasila menjadi  nilai-nilai  yang  mengatur  kehidupan  politik,  hukum,  ekonomi, kemasyarakatan,  budaya,  dan  seni.

Pendidikan  budaya  dan  karakter  bangsa bertujuan mempersiapkan  peserta  didik menjadi warga  negara  yang  lebih  baik, yaitu warga negara yang memiliki kemampuan, kemauan, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupannya.

3.      Budaya:

Tidak  ada  manusia  yang  hidup bermasyarakat tidak didasari oleh nilai-nilai budaya masyarakat itu. Posisi  budaya yang  demikian  penting  dalam  kehidupan  masyarakat  mengharuskan  budaya menjadi sumber nilai dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa.

4.      Tujuan Pendidikan Nasional:

Rumusan kualitas warga  negara  Indonesia,  dikembangkan  oleh  satuan  pendidikan.  Tujuan  pendidikan  nasional  memuat  nilai kemanusiaan yang harus dimiliki warga negara Indonesia. Oleh karena itu, tujuan pendidikan nasional adalah sumber yang paling operasional dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa.

 

Perlu kita sadari bahwa Pendidikan Budaya dan Katarkter bangsa bukan merupakan mata pelajaran, akan tetapi merupakan gerakan menanamkan nilaia-niai yang dimiliki bangsa Indonesia kepada peserta didik. Tidak menambah jam pelajaran karena diintegrasikan dalam pembelajaran.

Adapun  nilai-nilai karakter dimaksud pada prinsipnya merupakan acuan dalam mengintegrasikan  nilai yang perlu dikembangkan kedalam mata pelajaran di kelas.  Jadi ada peluang  menanamkan nilai yang sama untuk matapelajaran yang berbeda bentuknya sudah berbeda.

 Demikian sekelumit nilai-nilai dalam pendidikan karakter bangsa.  Pembaca yang budiman … guna mengetahui  kebijakan Pemerintah terkait pendidikan karakter bangsa silahkan  pelan-pelan KLIK … DIRIKU dan untuk pengembangannya  silahkan  …  BUKA AKU.... Semoga bermanfaat.

Sumber :  Pedoman Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa

2 Komentar

2 thoughts on “Nilai-nilai dalam Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s